Fungsi Dan Sumber Vitamin A

Vitamin A seringkali disebut juga sebagai vitamin kecantikan. kenapa?, karena dengan adanya vitamin A kulit akan tetap licin dan halus. Selain itu Vitamin A juga berfungsi untuk :

1. Membantu proses penglihatan
2. Membantu proses pertumbuhan
3. Membantu kesehatan gigi

Kekurangan Vitamin A pada anak-anak dapat menyebabkan penyakit rabun senja atau buta ayam, jika penyakit ini tidak di obati, maka selaput lendir mata menjadi kering dan berlipat-lipat sehingga akan menimbulkan penyakit Xerophtalmi yang dapat mengakibatkan luka-luka pada cornea hingga kebutaan. Kekurangan Vitamin A juga dapat menyebabkan kulit menjadi tebal dan kasar. Kebanyakan penderita penyakit batu ginjal dan kandung kemih juga adalah mereka yang kekurangan Vitamin A.

Bagaimana kita memenuhi kebutuhan tubuh akan Vitamin A? Vitamin A terdapat pada hewan dengan sumber utamanya hati dan lemak serta kuning telur. susu, eskrim dan keju juga mengandung Vitamin A dalam jumlah yang kecil. Sayuran hijau dan kuning mengandung Pro-Vitamin A yaitu zat yang di dalam tubuh dibuat menjadi Vitamin A. Kebanyakan daun hijau dan tipis seperti bayam, daun lobak mengandung Vitamin A dari 5000 sampai 15000 KI per 100 gram, Wortel mengandung Vitamin A dari 2000 sampai 12000 KI per 100 gram tergantung berapa pekat warnanya, hati sapi mengandung 43.900 KI, Ubi jalar mengandung 7700 KI, mentega 3300 KI, keju mengandung 1450 KI Vitamin A dan telur mengandung 1140 KI Vitamin A (KI= Kesatuan Internasional yang bernilai sama dengan 0,6 microgram).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar